Saat ini juga P4TK dalam diklat online yang diselenggarakannya mengupas tuntas materi KTI tersebut. Setidaknya bagi peserta diklat online sangat memberikan pencerahan dalam membuat KTI. Materi diklat meliputi apa dan bagaimana KTI, bagaimana membuat proposal KTI, sampai bagaimana publikasinya, kesemuanya dibahas dalam materi diklat. Jika membaca teorinya tentu dengan mudah dapat menjadi seperti paham apa itu KTI. Namun saat diminta membuat KTI sebagai tugas akhir diklat, maka mulailah semua permasalahan muncul. Sederhana sepertinya, misalnya memilih judul KTI dan menentukan jenis KTI yang akan diajukan sebagai tugas saja telah memakan waktu yang cukup lama sampai diputuskan. Belum lagi mencermati dan mencari sumber yang akan dijadikan rujukan dan memenuhi kebutuhan penulisan. Apalagi saat mulai menuliskannya, ternyata tidak segampang membaca teori dalam handout materi diklatnya. Tapi karena itu tugas akhir diklat online, mau atau harus mau draf KTI yang diminta harus tetap dikirimkan. Semoga langkah yang ditempuh P4TK denga Diklat Online ini dapat banyak menbantu guru-guru matematika untuk mampu membuat KTI dengan baik.