Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Konsep Kematangan dan Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik

27 Oktober 2024   19:06 Diperbarui: 27 Oktober 2024   20:33 29 0
Proses belajar seseorang dipengaruhi oleh dua teori utama yang saling melengkapi: teori behavioristik dan humanistik. Kedua teori ini menawarkan perspektif yang berbeda namun berharga dalam memahami bagaimana individu belajar dan berkembang. Selain itu, konsep kematangan memainkan peran penting dalam perkembangan psikologis dan perilaku seseorang. Artikel ini membahas teori-teori utama tentang belajar dan kematangan serta kontribusi keduanya dalam pendidikan.

Teori Belajar Behavioristik

Teori behavioristik berfokus pada perubahan perilaku yang dapat diamati, hasil dari reaksi individu terhadap stimulus tertentu. Teori ini menekankan pentingnya perilaku yang dapat diukur serta pengaruh lingkungan dalam membentuk dan memperkuat respons. Dalam pandangan behavioristik, belajar merupakan perubahan perilaku yang terjadi melalui hubungan stimulus-respons yang dapat diobservasi.

Teori Conditioning dan Tokoh-tokohnya

Ada beberapa pendekatan utama dalam teori conditioning yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh seperti Pavlov, Watson, Skinner, dan Guthrie, yang masing-masing memberikan perspektif berbeda tentang bagaimana perilaku terbentuk melalui conditioning. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun