Kemajuan suatu negara dapat dilihat dari bagaimana kualitas pendidikan yang dimiliki. Pendidikan dan kualitas pendidikan mempunyai hubungan yang erat karena saling mempengaruhi satu sama lain. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkompeten, berpengetahuan luas, dan bertanggung jawab sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu, pendidikan merupakan hal yang penting karena dapat membentuk karakter dan watak dalam diri seseorang. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Akan tetapi, sekarang ini pendidikan di Indonesia perlu diperbaiki. Perbaikan dalam hal pendidikan ini dilakukkan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi negara maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan unggul. Perbaikan yang dapat dilakukkan oleh pemerintah yaitu perbaikan pada permasalahan bantuan dana pendidikan, kurikulum pendidikan, pemerataan pembangunan infrastruktur dan guru, serta meningkatkan keterampilan guru di daerah terpencil.
Kualitas pendidikan di Indonesia berkaitan erat dengan biaya pendidikan. Biaya pendidikan saat ini tergolong mahal sehingga membuat beberapa orang yang berpenghasilan rendah memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah mengatasi masalah tersebut dengan cara menyediakan bantuan dana untuk pendidikan. Bantuan dana hadir bertujuan untuk mengurangi beban pendidikan bagi pelajar dari keluarga kurang mampu. Akan tetapi, bantuan ini sering tidak tepat sasaran dan malah disalahgunakan oleh beberapa oknum. Pemerintah harus melakukan pengecekan dan survei yang lebih ketat, agar bantuan salah sasaran tidak kembali terjadi.
Kurikulum menjadi acuan kualitas pendidikan. Kurikulum menentukan arah dan materi pembelajaran yang akan dicapai oleh siswa. Kurikulum yang baik akan memberikan arah dan materi yang jelas sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah dan efektif. Perubahan kurikulum di Indonesia sudah sering kali dilakukan. Perubahan terus menerus ini membuat siswa kebingungan lantaran harus beradaptasi dengan kurikulum yang baru. Tidak hanya itu, guru juga merasa kesulitan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa. Materi yang tidak tersampaikan dengan baik akan membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan tidak mudah dipahami oleh siswa. Oleh sebab itu, pemerintah saat akan mengganti kurikulum harus melakukan evaluasi dan pertimbangan yang tepat agar kurikulum bisa lebih efektif bagi pelajar maupun guru.
Selain kurikulum, infrastruktur sekolah juga menentukan kualitas pendidikan. Infrastruktur sekolah yang baik dapat membuat siswa belajar dengan nyaman dan semangat sehingga, kualitas pendidikan meningkat. Pembangunan infrastruktur pendidikan di Indonesia perlu perhatian penuh pemerintah, terutama pada daerah yang tertinggal. Pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan sudah diberikan oleh pemerintah secara merata, tetapi pada daerah tertinggal tidak mendapatkan hal yang sama. Selain itu, pemerataan guru yang di daerah tertinggal belum terpenuhi secara optimal. Banyaknya guru yang lebih memilih mengajar di daerah perkotaan dibandingkan di daerah terpencil. Hal ini disebabkan oleh akses ke daerah terpencil yang sangat terbatas dan susah. Tidak hanya akses masuk yang susah dan terbatas mengajar didaerah terpencil tetapi masalah gaji yang diberikan di daerah terpencil juga kurang terjamin. Oleh sebab itu, perlu pemerataan infrastruktur pendidikan dan tenaga pendidik yang berkualitas hadir di setiap wilayah, terutama di daerah terpencil agar kualitas pendidikan bisa merata di semua daerah Indonesia. Selain itu, pemerintah dapat membuat kebijakan baru seperti pemberian tunjangan lebih terhadap tenaga pendidik didaerah terpencil.
Kualitas pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting bagi kemajuan suatu negara. Oleh sebab itu, diperlukan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu penyempurnaan pada bantuan dana pendidikan, kurikulum pendidikan, pemerataan infrastruktur pendidikan, dan guru. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan juga partisipasi dari seluruh masyarakat untuk membantu dan mendukung pemerintahan untuk melakukan perbaikan kualitas dalam pendidikan. Kualitas pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi muda baru yang cerdas dan unggul.