Selain komunikasi yang baik, seorang pemimpin juga harus pandai mempengaruhi karyawannya. Contohnya, bagaimana seorang pemimpin membuat karyawannya terpengaruh dengan program kerja yang ia buat seperti visi dan misi nya. Kali ini kita akan membahas 4 cara mempraktikkan seni persuasive, menurut Richard L Daft:
- Dengarkan dulu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa ketika orang merasa bahwa mereka telah didengarkan oleh seseorang yang mencoba untuk mempengaruhi mereka, kesukaan mereka, kepercayaan, dan komitmen terhadap orang itu meningkat. Hal ini sama seperti halnya kamu nyaman bercerita dengan sahabatmu.
- Membangun kredibilitas. Kredibilitas seorang pemimpin didasarkan pada pengetahuan pemimpin dan keahliannya serta hubungannya dengan orang lain. Ketika pemimpin dapat menunjukkan bahwa mereka membuat keputusan yang terinformasi dengan baik, dan membuat para pengikut percayaan pada keahlian mereka. Pemimpin juga membangun kredibilitas dengan mendengarkan orang lain, membangun hubungan yang baik, dan menunjukkan bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik orang lain di hati.
- Bangun tujuan di atas landasan bersama. Untuk menjadi persuasif, pemimpin menggambarkan bagaimana yang mereka minta akan bermanfaat bagi orang lain dan juga pemimpin. Misalnya, ketika David Zugheri ingin beralih ke sistem tanpa kertas di First Houston KPR, dia menekankan kepada karyawan bahwa menyimpan catatan pelanggan secara elektronik berarti mereka sekarang bisa bekerja dari rumah ketika mereka perlu merawat anak yang sakit, atau berlibur dan tetap melacak akun penting. '' Saya benar-benar bisa melihat sikap mereka berubah melalui bahasa tubuh mereka,'' kata Zugheri. Ketika para pemimpin tidak dapat menemukan keuntungan umum, itu adalah sinyal bagus bahwa mereka perlu menyesuaikannya tujuan dan rencana.
- Buat posisi Anda menarik bagi orang lain. Para pemimpin menarik bagi orang lain di tingkat emosional dengan menggunakan simbol, metafora, dan cerita untuk mengekspresikan pesan mereka daripada mengandalkan fakta dan angka saja. Dengan memanfaatkan imajinasi pengikut mereka, pemimpin dapat menginspirasi orang untuk mencapai hasil yang luar biasa. Di NGM Perusahaan Asuransi, para pemimpin di unit klaim mengambil pernyataan yang dibuat oleh salah satu agen independen perusahaan untuk menarik emosi orang dan imajinasi. Saat mendiskusikan bagaimana unit klaim harus berhubungan dengan pelanggan, agen berkata, ''Saya ingin pelanggan saya merasakan lengan Anda melingkari mereka ketika mereka memiliki klaim.'' Para pemimpin menggunakan citra yang menggugah ini untuk memfokuskan karyawan pada rekayasa ulang proses klaim untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih peduli.
KEMBALI KE ARTIKEL