PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN METODE PRAKTIKUM SERTA DISKUSI BERBANTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK.
- DESKRIPSI STUDI KASUS
- Saya adalah seorang guru yang mengajar bidang studi kimia di SMAN 1 Sreseh selama lebih dari 10 tahun. Terdapat beberapa permasalahan yang saya temui selama mengajar, mulai dari keterbatasan sarana prasarana, seperti terbatasnya buku maupun LCD untuk kegiatan pembelajaran, serta permasalahan pribadi peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran juga terdapat kendala, seperti peserta didik yang motivasi dan minat belajarnya sangat rendah. Banyak peserta didik yang merasa malas dalam mengikuti pelajaran, salah satunya pelajaran kimia. Saat pembelajaran banyak peserta didik yang mengobrol dengan teman sebangkunya atau mereka yang sibuk bermain gadget, bahkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini mungkin dikarenakan model mengajar guru yang masih bersifat monoton dan konvensional (ceramah), sehingga peserta didik merasa bosan mendengarkan guru ceramah di depan kelas.
- Dari observasi praktik mengajar yang saya lakukan, diperoleh latar belakang penulisan studi kasus ini, yaitu Rendahnya motivasi dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia.
- Permasalahan yang saya paparkan penting untuk dikaji lebih lanjut karena akan berdampak pada kemampuan saya dalam melakukan evaluasi dan merencanakan tidak lanjut pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan dalam menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai karakteristik peserta didik.
KEMBALI KE ARTIKEL