Industri halal akan menjadi potensi terbesar dalam perekonomian negara. Namun, dengan potensi terbesar ini, menurut data The Global Islamic Economy Indicator dalam State of the State of Global Islamic Economy (SGIE) Report 2023, Indonesia masih menduduki peringkat ketiga setelah Malaysia dan Arab Saudi. Hal ini dikarenakan masih bahan baku yang masih bergantung dengan impor dan kurangnya promosi mengenai produk halal.
Masyarakat perlu digerakkan kesadarannya terhadap pasar halal di Indonesia sehingga peran pemerintah diperlukan dalam merancang strategi. Pemerintah dapat memberikan dorongan melalui peningkatan teknologi dengan membuka lebih banyak akses pemasaran kepada UMKM, tidak hanya perusahaan-perusahaan saja. Selain itu, pemerintah perlu memberikan kemudahan terhadap akses permodalan untuk pelaku produsen halal sehingga industri halal di Indonesia dapat bersaing di pasar nasional dan global. Â
Tidak hanya itu saja, produsen harus menyadari bahwa sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah dengan didukung kondisi geografis yang memadai. Dengan itu, produsen dapat memanfaatkan potensi yang ada dengan selalu melestarikannya. Produsen pun perlu mendaftarkan produknya pada sertifikasi halal karena sertifikasi halal berfungsi sebagai mekanisme jaminan kualitas, meningkatkan kepercayaan, dan keyakinan konsumen terhadap produk halal. Adanya serifikasi halal ini pun juga meningkatkan daya saing produk di kalangan domestik maupun Internasional. Maka, pemerintah pun perlu mempermudah dalam mengeluarkan sertifikasi halal kepada produsen halal.
Oleh karena itu, produsen dan pemerintah harus selalu bersinergi untuk merancang strategi meningkatkan daya saing dalam Industri Halal Global dengan didukung sertifikasi halal dan peningkatan penggunaan teknologi. Â
Daftar Pustaka:
Elwardah, K., Yusniar, Y., Harto, B., & Solapari, N. (2024). Pengaruh Sertifikasi Halal, Pemasaran Produk Halal, dan Kepuasan Konsumen terhadap Pertumbuhan Industri Halal di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(05), 658-669.
Hasyim, H. (2023). Peluang Dan Tantangan Industri Halal di Indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5536.
Herianti, H., Siradjuddin, S., & Efendi, A. (2023). Industri Halal Dari Perspektif Potensi Dan Perkembangannya Di Indonesia. Indonesia Journal of Halal, 6(2), 56-64.
Sari, M. (2023). Potensi Pasar UMKM Halal Dalam Perekonomian Indonesia. El-Kahfi: Journal of Islamic Economics, 4(01), 291-298.