Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Aplikasi Bupin Scanner dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa

6 Mei 2023   17:20 Diperbarui: 6 Mei 2023   17:21 934 1
Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur penting untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Ketika proses pembelajaran berlangsung, terjadi interaksi antara guru dengan siswa yang memungkinkan bagi guru untuk dapat mengenali karakteristik serta potensi yang dimiliki siswa. Cara mengenali dan mengembangkan potensi siswa tentunya diperlukan kondisi (iklim) belajar yang kondusif dalam proses pembelajaran di sekolah. Iklim yang kondusif sansgat diperlukan guna membangkitkan semangat belajar siswa. Semangat dalam pengertian yang berkembang di masyarakat seringkali disamakan dengan motivasi belajar. Menurut James O. Whittaker (Sadriman, 2016: 73) menyatakan bahwa motivasi adalah kondisi yang mengaktifkan bertingkah laku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi tersebut. Sedangkan belajar sebagai proses di mana tingkah laku diubah melalui latihan atau pengalaman. Sedangkan menurut Winkle (Susanto, 2016:1), belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif denan lingkungan yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuha, pemahaman, keterampilan, nilai, dan sikap. Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku dan belajar adalah perubahan tingkah laku secara permanen dan secara potensial yang terjadi sebagai hasil dari praktek atau penguatan (reinforced practice) yang dilandasi dengan tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sejalan dengan hal itu, Winkel (Mulyana, 2018) mengartikan motivasi belajar adalah segala usaha di dalam diri sendiri yang menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberi arah pada kegiatan-kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki tercapai. Kurangnya motivasi belajar siswa paling sering di akibatkan oleh rasa jenuh saat mengikuti pembelajaran. Kejenuhan belajar adalah suatu kondisi mental di mana seorang pelajar mengalami kebosanan yang amat sangat untuk melakukan aktifitas belajar, dan kebosanan tersebut membuat prestasi belajar mereka menurun. Faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan siswa saat belajar diantaranya adalah :

  • Terlalu lamanya waktu belajar
  • Lingkungan yang buruk atau tidak mendukung
  • Adanya konflik dalam lingkungan belajar
  • Tidak adanya umpan balik positif dalam belajar.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun