Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Peran Strategi Meme dalam Branding Pilitik: Jembatan Komunikasi dengan Generasi Muda

27 September 2024   07:52 Diperbarui: 27 September 2024   07:54 92 0
Memasuki era internet, sebuah tren berkomunikasi muncul di ranah pengguna new media. Tren ini masuk pada dekade pertama abad 21 yang lazim disebut sebagai meme. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Richard Darwins. Menurut Richard Darwins dalam (Allifiansyah S, 2016) meme adalah bentuk transmisi budaya melalui replikasi ide, gagasan, yang merasuk ke dalam kognisi manusia. Konsep inilah yang diaplikasikan ke dalam konteks fenomena sosial, khususnya yang terjadi di internet. Dalam era digital saat ini, meme telah menjadi salah satu fenomena komunikasi yang paling berpengaruh. Tidak hanya sekedar lelucon, menurut Cermen dalam Kompas.com, meme menjadi salah satu cara bagi sekelompok orang atau gerakan untuk menyebarkan pesan dengan lebih cepat. Cermen juga menyebutkan bahwa meme dalam konteks gerakan cenderung bersifat politis.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun