Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Evaluasi Keagamaan Akhir Semester di Kober Riyadhussalam

24 Oktober 2023   10:39 Diperbarui: 24 Oktober 2023   10:44 67 0
Setiap pembelajaran memang harus ada yang namanya evaluasi guna Untuk mengetahui keberhasilan peserta didik juga penilaian. Evaluasi dilakukan sebagai proses sistematis dalam memperoleh informasi tentang keefektifan kegiatan belajar mengajar, disamping itu dapat membantu para guru dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal,selain itu evaluasi di gunakan untuk menggambarkan prestasi yang dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kreteria yang telah ditetapkan (Muhibbin Syah, 2008: 197).namun di PAUD (pendidikan anak usia dini),yang sering kita dengar mungkin bukan kata evaluasi akan tetapi asesmen atau penilaian. mencakup semua metode yang sering dipakai untuk mengetahui keberhasilan belajar anak dengan cara menilai unjuk kerja performa baik individu maupun kelompok,padahal  Penilaian dapat juga di sebut sebagai evaluasi.
Pada kegiatan evaluasi, pertumbuhan dan perkembangan anak tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu cara pendidik untuk memantau proses kemajuan perkembangan dan hasil belajar anak secara berkesinambungan,sebelum kepada teknik evaluasi disini saya akan menjabarkan terlebih dahulu program keagamaan yang dilakukan di kober riyadhussalam dalam kurun waktu perminggu,diantaranya :
1.Membaca surah surah pendek dari annas-attakasur
2.Membaca doa-doa pendek
3.Membaca niat shoat fardhu
4.Membaca bacaan shoat dari mulai takbiratul ihram hingga salam
Di atas tertulis 4 program dalam satu minggu,dan itu dilakukan secara terus menerus misal surah surah pendek di hari senin,doa doa pendek hari selasa,membaca niat sholat fardhu di hari rabu,dan membaca bacaan sholat di hari jum'at karena di hari kamis kegiatannya olahraga dan tidak ada program keagamaan. Akan tetapi pembacaan pembacaan yang tadi di sebutkan tidak terfokus di hari itu saja ,bisa jadi di hari senin membaca niat sholat fardhu,selasa membaca surah surah pendek dst. namun dapat di pastikan empat program itu terlaksana dalam satu minggu sacara continue. dilakukan dengan cara membaca bersama sama sebelum pembelajaran harian di mulai,guna untuk menstimulus daya ingat anak agar tidak cepat lupa. Karena aka berbeda konsepnya ketika menghafal sekali saja dengan membaca terus menerus,selain daripada itu juga untuk menunjang evaluasi akhir semester yang berupa tes lisan.
Menurut Djemari dalam Widoyoko, tes adalah salah satu cara  menaksir besarnya kemampuan seseorang secara tidak langsung, yaitu melalui respons seseorang terhadap stimulus atau pertanyaan (Widoyoko, 2012: 57). Sedangkan Tes lisan adalah tes yang dilakukan dengan cara mengadakan Tanya jawab secara langsung terhadap peserta didik.
penilaian akhir semester aspek perkembangan anak perihal keagamaan di kober riyadhussalam sudah terbiasa dengan tes lisan pertahunnya,tujuannya agar lulusan kober riyadhussalam dapat mumpuni dalam hafalan hafalan yang di sebutkan di atas. Hal ini Juga tidak memberatkan anak dalam menghafalnya karena setiap minggu anak sudah terbiasa membaca bersama sama,walupun kadang ada anak yang tidak membaca,karena saat pembacaan berlangsung, dapat kita ketahui bersama anak paud tidak sama dengan anak smp. Pasti ada anak yang bercanda,bermain dan yang lainnya. Tapi demikian dengan mendengar lantunan lantunan bacaan yang di bacakan temannya setiap minggu dengan sendirinya anakpun hafal ketika pengetesan berlangsung. Tes ini biasa di lakukan di mesjid pengajian riyadhussalam, satu persatu anak maju kedepan dan di tanya langsung oleh guru penguji.
alhamdulillah setiap tahunnya evaluasi ini berjalan dengan lancar dan bisa menjadi acuan untuk sekolah sekolah lainnya dalam hal keagamaan.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun