Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

To Be Number One

1 November 2024   12:59 Diperbarui: 1 November 2024   13:12 368 0
To Be Number One adalah sebuah ldiom yang saat ini begitu menggema baik dalam dunia politik nasional, dunia marketing, dunia olahraga (sepakbola, bulutangkis, motogp dan beberapa topik olahraga yang sedang hangat).Idiom To Be Number One merupakan sebuah motivasi untuk menjadi yang terbaik/jadi nomor satu dalam kompetisi di bidang apapun.
Ada adu cepat, adu teknik, adu strategi, adu visi, misi dan program dengan mengusung semangat kompetisi yang fair/fair play untuk mencapai tujuan akhir yaitu menjadi pemenang.

Dalam dunia politik ada Pilkada Serentak di tanah air tanggal 27 November 2024 untuk memilih Gubernur/Wakil, Bupati/Wakil serta Walikota/Wakil.

Untuk dunia, ada Pilpres di AS November ini yang jadi Centre Of Exelence (Pusat Perhatian) dunia.

Akankah Donald Trumph  kembali menjadi Presiden AS mengalahkan Kamala Haris?.

Untuk Pilkada Serentak di tanah air.
Akankan lncumbent/Petahana baik itu Gubernur, Bupati maupun Walikota terpilih kembali menenangkan persaingan di Pilkada?

Apapun itu banyak keinginan dari pemilih di Pilkada Serentak di tanah air dan Pilpres AS bahwa yang terpilih nanti adalah wajah baru yang menjadi "New Hope" (Harapan Baru) dengan visi dan misi yang membumi, lebih merakyat dan lebih visioner demi terciptanya masyarakat yang produktif, adil dan merata dengan pimpinan yang mengerti rakyat.

Di dunia marketing, perusahaan atau individu (UMKM) berlomba-lomba mengejar target perusahaan dengan strategi marketingnya.

Seperti yang pernah dibahas penulis pada tulisan sebelumnya tentang politik dan strategi marketing, fokus  untuk meningkatkan perform yang paling utama adalah di PEOPLE (manusia) dan PRODUK (produk) nya).

Tentunya dimulai dari pimpinan marketing sampai ke jajaran yang bersentuhan langsung dengan konsumen yaitu tim marketingnya.

Disini perusahaan marketing dan UMKM melakukan up grade, pelatihan dan seminar2 leadership (kepemimpinan)  maupun followership (keanakbuahan) terhadap tim marketingnya.

Diharapkan tim marketing benar-benar mampu "mencuri hati pelanggan" dengan memberikan gambaran secara gamblang kepada calon konsumen tentang "nilai plus" produk yang ditawarkan sehingga produk bisa diminati calon konsumen.

Di dunia olahraga juga demikian, aktualnya di Sepakbola dan MotoGp.

Tim Nasional Sepakbola lndonesia senior  saat ini sedang berjibaku untuk bisa masuk ke Piala Dunia 2026 Zona Asia, dimana untuk bulan November ini ada 2 pertandingan berat yang akan dijalani.

Yaitu tanggal 15 November vs Jepang dan tanggal 20 November vs Arab Saudi yang merupakan kekuatan sepakbola terkemuka di Zona Asia.

Berat memang dengan Jepang yang sangat superior dan Arab Saudi yang secara tradisional merupakan tim kuat di Zona Asia.
Prestasi terakhir mereka di Piala Dunia 2022 di pertandingan pembuka Piala Dunia Qatar 2022 mengalahkan Argentina dengan Lionel Messi-nya  2-1, dimana akhirnya Argentina menjadi Juara Piala Dunia 2022.

Di sepakbola lah aura kompetisi, adu kekuatan, adu teknik adu strategi untuk "menjadi nomor satu/menjadi yang terbaik" sangat kental, karena sepakbola adalah olahraga yang sangat kompleks.
Akankah lndonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

Di MotoGp musim 2024, seri kejuaraan tinggal 2 Grand Prix yaitu Grand Prix Malaysia dan Grand Prix Valencia, dimana tinggal 2 pembalap yang masih memiliki peluang menjadi Juara MotoGp 2024 yaitu Jorge Martin (Spanyol) dan Francesco Bagnaia (ltalia) (Juara MotoGp 2 tahun  terakhir dengan selisih "hanya" 17 point.

Dibutuhkan konsentrasi, konsistensi dan fokus dari Jorge Martin dan Francesco Bagnaia di sisa 2 seri terakhir MotoGp.
Akankah Francesco Bagnaia membuat Hattrick (Juara MotoGp untuk ketiga kalinya berturut-turut?) atau kah Jorge Martin bisa "mengasapi" Francesco Bagnaia untuk jadi Juara MotoGp pertama kali.

Yuk kita tunggu sama-sama.

Sebagai inspirasi,
To Be Number One juga adalah sebuah lagu motivasi yang dinyanyikan Giorgio Moroder (ltalia) di Piala Dunia Sepakbola tahun 1990  dan menjadi Lagu Theme Song Piala Dunia Sepakbola tahun 1990 di ltalia.

Lagu yang sering diputar  saat ada Training Leadership, Training Managerial  dan Training Kandidat Calon Pimpinan di Perusahaan-perusahaan bisnis/marketing.

Makna yang bisa kita petik dari lagu "To Be Number One" adalah:

1. Tekad mencapai tujuan tertinggi.
2. Totalitas berkompetisi dengan mengeluarkan semua kemampuan.
3. Menang atau kalah gak ada masalah.
4. Bermain fair (Fair Play).
5. Jadi yang terbaik dengan kerja keras.
6. Bermain keras namun tetap sportif.

Lagu yang begitu sarat makna, semua demi mencapai hasil terbaik.

Semoga lagu ini menginspirasi kita dalam setiap langkah kehidupan untuk mencapai hal terbaik yang kita inginkan.



Said Fauzi Assegaff, SPi (Pengamat Sosial, Politik dan Olahraga)

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun