PenerapanTransformasi 3D dalam Pengembangan Grafik Komputer
5 Juni 2024 01:28Diperbarui: 5 Juni 2024 08:379860
Transformasi adalah perubahan sebuah struktur menjadi bertambah, berkurang atau tertata kembali unsurnya. Sedangkan geometri berarti cabang matematika yang menjelaskan soal sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Berdasarkan dua definisi tersebut dapat di simpulkan Transformasi dalam konteks grafik komputer mengacu pada perubahan posisi, orientasi, skala objek grafis serta bentuk lainnya yang akan menghasilkan objek berbentuk (2D) atau (3D). Grafik komputer 2D merupakan pembuatan objek gambar yang masih berbasis perspektif 2 titik. Contohnya seperti gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, persegi, lingkaran, dan sebagainya. Sedangkan grafik komputer 3D adalah suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis untuk menampilkan atau melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan hasilnya akan lebih nyata, serta transformasi geometri ini bisa dituliskan dalam bentuk koordinat Cartesius maupun matriks.
Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita tersebut disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Akun Terverifikasi
Diberikan kepada Kompasianer aktif dan konsisten dalam membuat konten dan berinteraksi secara positif.