Setelah masa pandemi covid-19, timbul perubahan sikap konsumen dalam keputusan pembelian yang awalnya berbelanja di toko secara langsung, menjadi berbelanja secara online. Masyarakat terutama kalangan wanita dapat mudah terpengaruh dari gadget dengan melihat selebriti atau influencer mempromosikan suatu produk terutama kosmetik sehingga berdampak pada kenaikan minat pembelian konsumen. Remaja menginginkan penampilan menarik dengan melakukan perawatan menggunakan skincare dan kosmetik (Zap Beauty Index, 2019). Menurut Rizaty (2021) Industri kosmetik mengalami pertumbuhan 5,59% dan diperkirakan akan meningkat 7% pada tahun 2021. Perusahaan brand kosmetik mengatur strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan karena dapat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli suatu produk. Menurut Felbert dan Bruer (2021) Di era yang sangat kompetitif ini dapat menggunakan strategi endorsement yaitu menggunakan selebriti sebagai contoh dukungan produk agar lebih menonjol. Adapun menurut Chan, Leung Ng, dan K.Luk (2023) Komunikasi pemasaran dengan menggunakan endorsement untuk membangun image merek. Shimp dalam Febriyanti dan Wahyuati (2016) Menjelaskan endorsement yaitu pihak yang terkenal dapat menjadi bintang iklan untuk promosi.
KEMBALI KE ARTIKEL