Penelitian tindakan merupakan agen yang potensial dalam mempengaruhi perubahan pendidikan. Penelitian tindakan dapat membantu mengembangkan guru dan administrator dengan sikap profesional yang mencakup tindakan, kemajuan, dan pembaharuan. Di samping itu, proses penelitian tindakan kelas melibatkan pendekatan yang demokratis untuk membuat keputusan, dan dapat memberdayakan guru melalui partisifasi dalam kegiatan yang kolaboratif, dan penelitian yang bertanggung jawab secara sosial (bersama).
Komitmen terhadap penelitian tindakan akan memposisikan guru dan administrator sebagai pembelajar ketimbang sebagai ahli. Komitmen ini akan berimplikasi pada pelaksanaan pengembangan profesional secara berkelanjutan, karena mereka (guru dan administrator) percaya bahwa ada gap (pemisah) antara dunia nyata (proses pengajaran) yang dihadapi mereka sehari-hari dan visi praktek pengajaran yang ideal.
Memasukkan penelitian pendidikan dalam program pendidikan calon guru dan program pengembangan profesional bagi guru akan menjadikan penelitian tindakan sebagai sebuah komponen berkelanjutan bagi praktek guru yang profesional. Tindakan semacam ini akan membantu guru memasukkan penelitian tindakan sebagai salah satu komponen pengajaran yang penting, seperti halnya pengembangan kurikulum, strategi assesmen autentik, strategi pengelolaan kelas dan pembelajaran, dan memperhatikan siswa. Tindakan ini akan mendorong guru untuk menciptakan perubahan.
Salah satu yang menjadi alasan penting dilakukan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengatasi permasalahan reformasi kurikulum pendidikan yang sedang berlangsung di jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah dan juga berbagai aspek yang terkait di dalamnya. Peranan guru dalam penelitian tindakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran yang akhirnya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini memberikan suatu gambaran bahwa sebagai peneliti, guru juga harus memahami teori tentang kurikulum sesuai dengan tugasnya sebagai pengembang kurikulum melalui peningkatan mutu pembelajaran di kelas.
Secara garis besar ada dua permasalahan utama yang dihadapi oleh pengajar (guru) dalam melaksanakan kurikulum yang ada di sekolah yaitu:
- Bagaimana cara mengembangkan kurikulum dan mengarahkan guru agar pengajaran yang berlangsung di sekolah sesuai dengan target yang hendak dicapai dalam kurikulum.
- Bagaimana agar acuan kurikulum yang berasal dari pusat dapat dikembangkan sedemikian rupa, sehingga tepat untuk disampaikan kepada siswa dan dapat diterima.