Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Klinik

9 September 2022   12:42 Diperbarui: 9 September 2022   12:48 508 2

Fasilitas kesehatan primer yang menggunakan software untuk menjalankan operasional harus cermat dalam memilih fitur dalam aplikasi klinik.

Terdapat beberapa fitur aplikasi yang wajib disediakan oleh pengembang untuk memudahkan kerja tenaga medis dan staf di klinik.

Tidak hanya itu, fitur aplikasi klinik yang mumpuni juga membuat pasien merasa nyaman ketika berobat di fasilitas kesehatan.

1. Fitur Daftar dan Antrean Online
Fitur daftar dan antrean online pada aplikasi klinik mempermudah staf untuk mengelola pasien yang menunggu jadwal konsultasi.

Staf serta dokter dapat mengelola waktu tunggu dan waktu konsultasi seefisien mungkin. Hal ini tentunya juga dapat disesuaikan dengan seberapa banyak pasien yang datang berkunjung.

Pasien pun dapat mendaftar dan mendapatkan antrean online sejak dari rumah. Dengan demikian, pasien dapat mengatur dan memanfaatkan waktu untuk hal lainnya dibandingkan harus menunggu antrean yang mengular di klinik.

2. Fitur Simpan Data Rekam Medis

Rekam medis merupakan informasi pribadi dan keterangan yang berisi data diri pasien, riwayat kesehatan, pemeriksaan, pengobatan, tindakan yang sudah pernah dilakukan terhadap pasien.

Fitur aplikasi klinik yang dapat memuat dan mengelola rekam medis pada dasarnya sangat penting untuk operasional klinik serta pengobatan pasien.

Bila dibandingkan dengan pencatatan rekam medis manual di kertas, penggunaan aplikasi klinik sangat menguntungkan bagi dokter, staf, maupun pasien. Pasalnya, data rekam medis fisik atau di kertas berisiko hilang, rusak, dan lainnya. Hal ini dapat menghambat proses pelayanan kesehatan  di klinik.

Jika pakai aplikasi atau software, semua data pasien dapat dimuat dalam satu file yang bisa diakses oleh dokter bahkan faskes rujukan.

3. Terhubung dengan BPJS dan Asuransi

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun