Pada materi pertama, diawali dengan penyampaian materi dari Anisa Lintang Ayu, Service Quality Manager Bank Mandiri Region VIII/ Jawa 3 bertema "Memberikan Pelayanan Prima kepada Warga Negara". Beliau menjelaskan materi terkait standar pelayanan prima, komunikasi verbal, dan contoh bahasa layanan.
Selanjutnya narasumber kedua yaitu Vinda Maya, Humas UNESA & Founder PR Improvement/ Perhumas Surabaya bersama tim. Beliau mengusung tema "Menjadi Jubir, Tak Sekedar Bersilat Bibir". Para peserta diberikan bekal bagaimana cara menjadi jubir yang handal dalam menghadapi situasi apapun, dan peserta langsung dibagi menjadi 7 kelompok dengan didampingi tim Perhumas Surabaya untuk mempraktikkan ketika menjadi jubir.
Lalu pada narasumber ketiga, mendatangkan Sabri Rasyid, PT Telkom Indonesia dan Anjas Maradita, AI Expert. Materi yang diberikan oleh kedua narasumber ini mengusung tema "Kerja Lebih Santai Berkat AI: Mengoptimalkan AI sebagai Alat Bantu Praktisi Humas". Yang tentunya pada materi ini, para peserta diperkenalkan bagaimana mudahnya penerapan AI untuk mendukung tugas sebagai humas.
Di malam harinya, diisi dengan kegiatan Sharing Session. Di mana untuk menambah semangat dan keceriaan, para peserta dibentuk menjadi beberapa kelompok yang dibedakan antara kelompok videografi dan fotografi. Dan diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan.
-Humas Rutan Sampang-