**Pembelajaran Diferensiasi Konten melalui Pembuatan Animasi Sederhana menggunakan Stiker TikTok di SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo untuk Meningkatkan Minim Literasi Siswa dalam Materi Konsep Geografi**Pendidikan memerlukan terobosan yang kreatif dan inovatif, terutama dalam mengatasi tantangan minim literasi siswa. Salah satu pendekatan yang menarik adalah melalui pembelajaran diferensiasi konten, di mana metode pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Dalam konteks ini, penggunaan pembelajaran berbasis proyek (PBJL) untuk membuat animasi sederhana dengan stiker TikTok di SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo, menawarkan solusi yang menarik. Esai ini akan mengeksplorasi bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa sambil memperkuat keterampilan literasi mereka.
**Pengenalan Konsep:**
Konsep geografi menjadi landasan utama dalam eksplorasi dunia. Namun, pemahaman siswa terhadapnya sering kali minim. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan yang memikat dan menarik perhatian mereka. Animasi sederhana menggunakan stiker TikTok merupakan sarana yang tepat untuk menghadirkan konsep tersebut dalam format yang menarik dan mudah dicerna.
**Pembelajaran Berbasis Proyek:**
PBJL menempatkan siswa sebagai produsen pengetahuan, bukan hanya konsumen. Dalam konteks pembelajaran geografi, siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi konsep melalui pembuatan animasi sederhana. Mereka tidak hanya belajar tentang geografi, tetapi juga mengembangkan keterampilan kreatif dan teknologi yang penting dalam era digital saat ini.
KEMBALI KE ARTIKEL