Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Strategi Bisnis di Masa Pandemi: Menciptakan Kebutuhan Baru bagi Konsumen dalam Perspektif Strategi Samudra Biru

8 Agustus 2021   12:12 Diperbarui: 8 Agustus 2021   12:15 256 0
Salah satu dampak dari Pandemi yang berkepanjangan saat ini adalah semakin banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan semakin banyak orang yang mulai bisnisnya sendiri dan semakin ketat persaingan yang terjadi sehingga mengarah pada persaingan yang berdarah-darah atau persaingan dalam konteks Samudra Merah. Arena persaingan yang digambarkan sebagai “Samudra Merah” ini sangat kejam dan merupakan persaingan yang tidak sehat sehingga harus dihindari sebisa mungkin, namun  secara alamiah bila terlalu banyak pemain yang bermain pada pasar yang sama maka persaingan yang berdarah-darah tidak mungkin dihindari lagi. Satu-satunya jalan adalah menciptakan pasar yang sama sekali baru yang sebelumnya belum ada sehingga hanya kita sendiri pemain yang ada di pasar baru tersebut. Inilah yang menjadi intisari dari strategi Samudra Biru, yaitu dengan tidak meladeni persaingan yang terjadi di pasar yang ada saat ini namun fokus untuk menciptakan pasar baru dimana persaingan menjadi tidak relavan lagi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun