- Pada awalnya siswa dikenalkan dengan lagu model,misal lagu wajib,lagu anak-anak,lagu daera dan lain-lain(sesuai materi). Setelah anak sudah dapat merasakan lagu dan menyanyikannya dengan tepat,saya melakukan penilaian,memang pada kenyataannya walaupun bila dinyanyikan bersama sudah pas nadanya,tetapi pada saat maju ke depan banyak nada-nada yang salah,juga anak terlihat sekali ekspresi wajahnya tegang.
- Selanjutnya setelah bernyanyi di depan kelas,pada pertemuan seni musik berikutnya guru bersama murid bersolmisasi seperti menyebutkan Do Re Mi Fa Sol La Si Do    Do Si La Sol F a Mi Re Do disertakan notasi angkanya sampai lancar,setelah itu,murid dihadapkan dengan notasi lagu,membaca not dilakukan bersama-sama dengan guru,setelah lancar,siswa diminta untuk mencoba sendiri membaca not di depan kelas
- setelah membaca not lagu model, tentunya murid sudah hapal tentang not angka, lalu saya mencoba siswa memainkan alat musik,yaitu pianika. pertama anak memainkan Do Re Mi Fa So La Si Do lalu kembali lagi sambil mereka melemaskan tangan meraka agar terbiasa menggunakan alat musik,setelah itu mereka disuruh menggunakan alat musik sesuai lagu model
- berhubungan dengan ekspresi, siswa disuruh menyanyikan sebuah lagu dengan memperagakannya..mereka pada saat menyanyikan harus benar-benar mengahyati dan menjiwai lagu yang dinyanyikan, misal lagu anak-anak mereka berekspresi senang, lagu wajib berekspresi serius,dan lain-lain
perlu diperhatikan pada setiap guru agar pembelajaran berlangsung baik, guru juga harus berinteraksi dengan baik pada anak. interaksi terjadi jika guru mampu mengenal, memahami,menerima setiap anak apa adanya dan bertindak sesuai dengan keadaan masing-masing anak (murid sebagai sumber belajar)
guru sebagai fasilitator,,untuk dapat melaksanakan pembelajaran musik di SD dengan baik, guru paling tidak harus memiliki pengetahuan bagaimana membelajarkan musik pada anak SD, memiliki rasa suka pada musik, kemauan untuk mengajarkan pada anak,pemahaman bahwa pembelajaran musik mengutamakan tumbuhnya rasa musik meliputi rasa irama, rasa nada, harmonisasi,kesukaan dan penghayatan musik. karena musik bukanlah pengetahuan yang bersifat ingatan tetapi lebih pada pengembangan ketrampilan dan tumbuhnua rasa.