DI KELAS X BUSANA SMKN 3 BLITAR
PADA ELEMEN DFD
1*Rosulia Wintari, 2Tria Agata Estu Rahajeng, 3Sukoco, 4Hapsari Kusumawardani, 5Esin Sintawati
Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
rosulia.wintari.2005446@students.um.ac.id
tria.agata.2005446@students.um.ac.id
Abstrak : Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning yang digunakan dalam membuat moodboard pada elemen Dasar Fashion Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh atau tidaknya pemahaman siswa dalam membuat moodboard pada elemen Dasar Fashion Design apabila menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi dan hasil praktikum. Penelitian ini dilakukan di kelas X Busana 3 SMKN 3 Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Busana SMKN 3 Blitar. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen penerapan sintaks problem based learning dan tes hasil belajar pada ranah afektif berpikir kritis yang berupa lembar kerja praktik. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Problem based learning pada elemen Dasar Fashion Design dalam membuat moodboard dapat mencapai mempengaruhi pemahaman siswa dan mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal di SMKN 3 Blitar dengan kualitas yang baik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Moodboard,
Abstract : The learning model is a framework that provides a systematic description of implementing learning in order to help students learn in a certain way to achieve. The learning model used in this study is the Problem Based Learning model used in making moodboards on the Basic Elements of Fashion Design. The purpose of this study is to determine whether or not the students' understanding influences the moodboards on the Basic Elements of Fashion Design when using the Problem Based Learning learning method. Data collection methods used in this study include: observation and practical results. This research was conducted in class X Clothing 3 SMKN 3 Blitar. The population in this study were students of class X Fashion SMKN 3 Blitar. The instruments used consist of problem-based learning syntax implementation instruments and learning achievement tests in the affective domain of critical thinking in the form of practice worksheets. The results of this study are the application of the Problem-based learning model on the Basic Elements of Fashion Design in making moodboards that can influence student understanding and achieve a minimum completeness criterion score at SMKN 3 Blitar with good quality.
Keywords: Learning Model, Problem Based Learning, Moodboard
PENDAHULUAN
Menurut Rahmat (2018) bahwa "pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan manifestasi dari kreatifitas seorang guru agar siswa tidak jenuh atau bosan dalam menerima pelajaran. Model pembelajaran yang efektif dapat digunakan guru untuk mentransfer ilmu dengan baik dan benar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Model pembelajaran akan efisien jika menghasilkan kemampuan siswa seperti yang diharapkan dalam tujuan dan sesuai dengan target perhitungan dalam segi materi dan waktu." Salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning.