Pembelajaran Modul 2.3 Coaching untuk supervisi akademik yang dimulai pada tanggal 10 Juli 2024 hingga 26 Juli 2024. Pembelajaran yang diawal dirasakan tidak mudah dapat dicerna dengan baik ketika modul 2.3 Coaching untuk supervisi akademik diawali dengan aktivitas pembelajaran mulai dari diri berlanjut eksplorasi konsep. Eksplorasi konsep mempelajari konsep coaching secara umum dan konsep coaching secara dalam konteks pendidikan dilanjutkan paradigma berpikir dan prinsip coaching, konsep inti coachingdan TIRTA sebagai alur percakapan coaching dan berakhir pada pembelajaran supervisi akademik dengan paradigma berpikir coaching. Dalam akhir pembelajaran eksplorasi konsep dilanjutkan dengan ruang kolaborasi yang dipandu oleh fasilitator Bapak Wawan Eko. S, pada kelas 30 calon guru penggerak angkatan 10 untuk berlatih menjadi coach dan coachee secara bergantian dengan percakapan menggunakan alur TIRTA. Percakapan dilakukan dengan mengimplementasikan Kompetensi inti coaching. Selanjutnya kembali dengan mendemostrasikan secara kontekstual kembali dengan tiga rekan CGP secara bergantian untuk berperan menjadi supevisor, coach dan coachee. Tahap berikutnya masuk ke dalam elaborasi pemahaman yang dipandu oleh instruktur oleh Bapak Falidan Ahmad, M.Pd. serta tahap berikutnya melakukan koneksi antar materi dan aksinyata.
KEMBALI KE ARTIKEL