Oleh : Rosa
Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam S1UIN Sunan Gunung Djati Bandung kelas MPI 5 E
Perencanaan, dalam pendidikan merupakan sebuah proses dan langkah-langkah nyata untuk mempersiapkan kegiatan pendidikan hingga masa yang akan datang. Sebuah perencanaan sekaligus menjadi alat untuk menetapkan langkah-langkah dan usaha-usaha yang akan ditempuh dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Terlebih sebuah perencanaan pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk menata sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menurut James A.F. Stoner dan Charles Wankel (2003), perencanaan harus dirumuskan dengan jelas dan dapat dirangkum dalam tiga langkah pokok, yaitu Melakukan Analisis Situasi, Menetapkan Tujuan/Sasaran, dan Menyusun Strategi dan Program Kerja. Analisis situasi bertujuan untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) yang dihadapi organisasi. Dibedakan kedalam dua faktor. Faktor tersebut ialah :