KOMENTAR

Trip To Sumbing via Garung

7 Mei 2014   17:51 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:46 256 2
Rabu malam, 30 April 2014 bersama rombongan teman kost, berangkat lah saya ke basecamp pendakian Gunung Sumbing via Garung. Sebab rasa penasaran saya sudah tak tertahankan lagi tatkala memandang betapa gagahnya Sumbing saat pernah melewati jalanan Temanggung-Wonosobo maupun saat Sumbing terlihat dari puncak-puncak gunung di Jawa Tengah. Berdasarkan informasi yang saya dapat, Jalur Garung merupakan jalur yang paling ramai dilalui pendaki dibandingkan jalur lainnya sehingga kami memilih jalur ini. Setelah melalui rute Magelang-Secang-Temanggung-Parakan-Kledung, sampailah kami di basecamp pendakian Gunung Sumbing via Garung. Kami sampai di basecamp rabu malam sekitar pukul 23.30. Suasana basecamp sudah sangat sepi, dan penjaga basecamp nampaknya sudah beristirahat sehingga kami tidak bisa mengurus perijinan. Sangat berbahaya jika mendaki tanpa mengurus perijinan, oleh karena itu kami memutuskan untuk menginap di basecamp terlebih dahulu malam ini, dan akan memulai pendakian esok setelah matahari terbit. Kamis pagi setelah sholat subuh kami langsung mengurus perijinan. Biaya registrasi Rp. 5.000,- per individu dan parkir motor Rp. 5.000,-. CP basecamp Gunung Sumbing via Garung 085868611446. Setelah segalanya siap, sekitar pukul 07.00 kami pun memulai pendakian diawali dengan doa bersama. Bismillah.