Dampak influenser atau konten kreator di era disrupsi sekarang ini memang bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi bisa dengan cepat memberikan dampak-dampak positif diantaranya menggerakkan inisiatif kebaikan, menggalang bantuan kemanusiaan, menyebarkan informasi penting secara cepat, membagikan pengetahuan secara mudah dan murah, memberikan hiburan, membagikan kebahagiaan dan masih banyak hal positif lainnya. Namun sebaliknya, influenser juga mampu memberikan dampak negatif yang daya hancurnya luar biasa. Bisa merusak citra sebuah personal, produk, kelompok, komunitas, golongan, perusahaan, daerah bahkan negara. Karena itulah meskipun penggunaan sosial media itu sangat mudah, namun diperlukan kehati-hatian yang ekstra dalam menggunakannya.Seperti kasus yang baru-baru ini terjadi, seorang influenser bernama Jovi Adhiguna memamerkan aktivitasnya saat menyantap bakso dengan kerupuk babi di resto Bakso A Fung yang noateben bersertifikat halal dari MUI di Bandara Domestik I Gusti Ngurah Rai.
KEMBALI KE ARTIKEL