(
Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada MuridSebuah kesempatan baik yang  saya dapatkan dari pembelajaran modul 3  Pendidikan Guru Penggerak, yakni perubahan paradigma dalam pengambilan keputusan  selama ini dilakukan pendekatan berbasis masalah (defisit based) sekarang sudah bergeser kepada pendekatan berbasis aset. Sebelum saya mengikuti Calon Guru Penggerak, keputusan yang diambil  fokus pada hasil evaluasi yakni menemukan kekurangan atau kesalahan. Sehingga umumnya tindakan yang diambil berdasarkan pendekatan berbasis masalah. Berpijak dari hal tersebut,  setelah saya mempelajari modul 3 masalah tidak lagi menjadi focus utama dalam pengambilan keputusan. Berupaya menemukan aspek masalah dari sudut pandangan. Karena dibalik masalah pasti adalah kelebihannya yang bisa dijadikan menjadi suatu aset. Sebagai pemimpin pendidikan guru harus mampu menemukan masalah dari sudut pandang positf  semua hal kearah yang positif. Hal yang perlu dipelajari oleh saya yakni berupaya untuk  berpikir positif tentang suatu kelebihan yang menjadi aset kita.
KEMBALI KE ARTIKEL