IPS merupakan mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa sejak jenjang sekolah dasar yang tentunya membutuhkan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS menyebabkan siswa mengalami kebosanan karena proses pembelajaran yang kurang menyenangkan.Pembelajaran IPS masih didominasi oleh guru yang mengakibatkan kurangnya interaksi antar siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran yang akan diterapkan pada pembelajaran sebagai media pembelajaran IPS negara-negara ASEAN di kelas VI SD. Dalam penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian dari jurnal, buku, artikel, majalah, website dengan berbagai jenis publikasi yang relevan dengan pengembangan media pembelajaran untuk Kelas ASEAN. VI SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Smart Sticker Spin Wheel pada materi negara ASEAN dalam pembelajaran IPS sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran IPS di kelas VI SD.
KEMBALI KE ARTIKEL