Teknologi menjadi bahan buah bibir di kalangan pendidikan dewasa ini. Media-media pembelajaran terbarukan kian gencar diperkenalkan di ranah pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian-penelitian mengenai teknologi terbarukan. Misalnya saja penelitian yang dilakukan oleh Cheung, A. C. K., & Slavin, R. E. (2013) yang berjudul The Impact of Digital Tools on Student Learning Outcomes: A Meta-Analysis. Penelitian ini berisi tentang teknologi yang tidak secara otomatis meningkatkan hasil belajar, tetapi dapat sangat efektif jika diterapkan dengan pendekatan pedagogi yang terencana. Ada pula penelitian mengenai AI yang dilakukan oleh olmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019) dengan penelitian berjudul Artificial Intelligence in Education: Applications and Implications for Teaching and Learning. Meneliti tentang penggunaan AI dalam pendidikan berpotensi besar untuk personalisasi pembelajaran, tetapi masih ada tantangan terkait etika, privasi, dan kesenjangan teknologi yang perlu diatasi.
KEMBALI KE ARTIKEL