Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

85% Motivasi Belajar Peserta Didik Meningkat melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK

8 Desember 2022   23:02 Diperbarui: 8 Desember 2022   23:26 307 1
SMP Islam Insan Kamil Wonoayu adalah sekolah berbasis pesantren (Boarding School). Oleh karena itu, telah diketahui dalam proses pembelajaran banyak peserta didik kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik, padatnya aktivitas peserta didik dalam kegiatan rangkaian pondok menyebabkan mereka kurang maksimal dalam mengikuti proses pembelajaran yang kurang menarik. Selain itu kesadaran diri peserta didik tentang pentingnya belajar masih kurang maksimal sehingga berakibat pada menurunnya motivasi belajar peserta didik. Hal ini bisa terlihat dari sikap peserta didik sebagai berikut :

  • Peserta didik merasa bosan di dalam kelas karena terlalu padat pembelajaran yang dilakukan sehingga cepat merasa lelah dan kurang bersemangat
  • Peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru karena pembelajaran kurang menyenangkan
  • Peserta didik kurang aktif pada saat proses pembelajaran
  • Hasil belajar peserta didik masih rendah
  • Peserta didik tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan maksimal belum terbiasa menyelesaikan permasalahan secara kontekstua
  • Peserta didik tidak mau bertanya kepada guru saat mereka mengalami kesulitan memahami  materi atau menjawab soal pada kegiatan evaluasi.
  • Peserta didik mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat di muka kelas
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun