Adapun yang dimaksud dengan manajemen krisis yaitu suatu bentuk respon maupun upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi masalah dari krisis yang ada.
Berikut beberapa tips manajemen krisis yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam upaya penanganan krisis yang terjadi :
1. Membentuk tim khusus
Tips pertama dalam menjalankan manajemen krisis adalah dengan membentuk timnya terlebih dahulu. Tim khusus dalam menangani krisis ini akan sangat membantu perusahaan.Tim khusus ini mempunyai kewena6untuk melakukan tindakan penanganan dalam memecahkan permasalahan-permasalahan perusahaan.
Setelah terbentuknya tim manajemen krisis tersebut, lakukanlah pelatihan penanganan krisis agar mereka mendapatkan bekal yang diperlukan.
2. Komunikasi internal - eksternal
Tips kedua yaitu dengan melakukan komunikasi internal -eksternal,namun sebelum itu tentukan dahulu siapa saja stakeholder perusahaan agar pesan yang disampaikan nantinya tidak salah sasaran.
3. Penyesuaian rencana bisnis
Tips ketiga dalam menajemen krisis yaitu dengan melakukan perencanaan sedari awal dan kemudian dilaksanakan sesuai dengan rencana bisnis yang telah disusun.Rencana bisnis ini berkaitan dengan kebijakan yang ada dalam perusahaan.Rencana yang disusun harus memberi solusi bagi permasalahan perusahaan.
4. Konsisten
Tips keempat yaitu tetap konsisten di masa krisis merupakan hal yang penting bagi perusahaan, terutama konsisten dalam menyampaikan pesan.
5. Â Tetap tenang dan profesional
Tips terakhir yang bisa dilakukan dalam menghadapi krisis yang terjadi di perusahaan yaitu dengan bersikap tenang dan juga profesional.Tenangkan pikiran terlebih dahulu dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan,sebab mengambil keputusan yang salah justru akan memperparah krisis.
Berikut 5 tips yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam upaya manajemen krisis yang terjadi.Rencana manajemen krisis yang terorganisasi dengan baik dapat membantu perusahaan pulih setelah terjadi bencana.