Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Sastra Anak sebagai Jembatan Pendidikan Inklusi

2 Desember 2024   12:10 Diperbarui: 2 Desember 2024   13:45 8 0
Sastra anak didefinisikan sebagai karya sastra yang ditulis secara lisan atau tulisan oleh anak-anak, remaja, atau orang dewasa yang mencerminkan jalan hidup dan kepribadian anak dengan bahasa dan isi yang sesuai dengan usia mereka. Sastra yang ditujukan untuk anak-anak berfungsi untuk memajukan kepribadian anak-anak dengan mempromosikan nilai-nilai pendidikan yang baik yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa. Sastra dapat berfungsi sebagai alat pendidikan untuk anak-anak, mengajarkan mereka perbedaan antara benar dan salah serta apa yang bisa dan tidak bisa diterima dalam kehidupan sehari-hari. Dipercaya bahwa sastra anak dapat digunakan oleh guru dan orang tua sebagai alat yang sangat berguna untuk menanamkan norma, nilai, perilaku mulia, dan keyakinan dalam masyarakat atau budaya tertentu. Didasarkan pada fungsi utama pembelajaran sastra sebagai penjernihan akal budi, yang dapat meningkatkan kemanusiaan dan kesadaran sosial, menumbuhkan apresiasi budaya, dan mempermudah penyaluran ide, imajinasi, dan ekspresi kreatif, paparan sastra pada anak-anak memiliki efek positif terhadap perkembangan rasa, kreativitas, dan inisiatif mereka.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun