Konsep merdeka belajar merupakan respon terhadap suatu perkembangan era yang ada saat ini, lembaga pendidikan memiliki kesempatan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa dalam melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi (Widya, 2021). Konsep pembelajaran merdeka belajar mengedepankan kepentingan kemaslahatan manusia, dengan merespon perkembangan yang ada dan disesuaikan dengan Undang-Undang 1945 dan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar utama berjalan sebuah pendidikan (Jauhari, 2022). Sehingga nantinya diharapkan dengan adanya perkembangan sektor pendidikan dapat meningkatkan sebuah pembaharuan dalam sektor pendidikan yang mampu bersaing dengan negara-negara lain (Jaya, 2019). Pendapat ahli tentang pendidikan beranekaragam menurut Confucius pendidikan merupakan sebuah tempat untuk menghasilkan keterampilan diri yang akan diasah dari keterampilan diri tersebut menghasilkan sebuah pengetahuan yang akan berdampak terhadap terwujudnya harapan hidup. Menurut Albert Eisnten pendidikan merupakan hasil yang diperoleh oleh seseorang dalam belajar di dalam sekolah, dari hasil pembelajaran tersebut dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
KEMBALI KE ARTIKEL