Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Terjadinya Persaingan Antara Pasar Oligopili Terhadap Bisnis UMKM

10 Juli 2021   22:48 Diperbarui: 11 Juli 2021   00:04 136 0
           Pasar oligopoli memberikan dampak bagi pebisnis umkm maupun terhadap konsumen seperti para produsen baru akan lebih susah untuk masuk kedalam pasar ini dikarenakan system pasar ini biasanya terdiri dari perusahaan perusahaan besar karena mereka kerap kali mengeluarkan uang dengan jumlah yang besar untuk mengembangkan produknya. Mereka tidak segan segan untuk merogoh kocek yang dalam demi inovasi terbaru untuk memuaskan para konsumen. Didalam pasar oligopoly ini biasanya menghasilkan produk atau jasa yang sama sehingga menimbulkan keketatan persaingan. Semisal suatu perusahaan akan meningkatkan penjualannya dengan cara menurunkan harganya, maka akan banyak pembeli yang membeli di perusahaan tersebut Sedangkan perusahaan lainnya akan kehilangan mangsa pasar. Untuk mempertahankan pembelinya maka perusahaan lain akan bereaksi untuk menurunkan harganya pula. Apabila perusahaan tersebut juga ingin menaikkan harga produknya, perusahaan lain pastinya juga akan menaikkan harga lebih sedikit dari perusahaan tersebut. sehingga di dalam sistem pasar ini tidak ada satupun perusahaan yang dapat bertindak secara bebas. Karena keduanya sama sama ingin mencari keuntungan sebanyakbanyaknya. Terjadinya persaingan ketat antara bisnis oligopoly dengan Umkm.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun