Gara-garanya
Sony, sebuah perusahaan elektronika ternama Jepang, berpikiran bagaimana
musik dan
siaran radio bisa dibawa ke mana pun kita pergi. Kalau musik dan radio ingin
portabel (bisa dibawa) ukuran perangkat haruslah kecil; perangkat kecil, komponen harus kecil. Mungkin idenya muncul saat menyaksikan terobosan teknologi komponen elektronika,
transistor, yang jauh lebih kecil, lebih ringan, dan lebih hemat energi, dibandingkan komponen elektronika sebelumnya (tabung gelas vakum). Sony memanfaatkan peluang itu dan membeli lisensi memproduksi transistor di Jepang. Aplikasi transistor dikembangkan dan tak lama ...sebuah radio saku! Diperlukan kurang 10 tahun sejak transistor diciptakan untuk mewujudkan impian Sony bisa membawa radio kemana-mana. Tinggal musik. Perangkat perekam audio pita kaset
Pressman yang dibuat Sony sebelumnya khusus untuk wartawan, mengilhami pembuatan perangkat serupa pemutar musik yang direkam di atas pita kaset. Musik pita kaset masih banyak kita jumpai sekarang karena kualitas suaranya yang bagus. Itulah konsep awal
Walkman! Banyak dicibir orang mana mungkin Sony mengungguli penjualan; produk hebat serupa saja laku 15,000 unit per tahun sedangkan Sony nekat membuat Walkman 30,000 unit, sangat kritis untuk sebuah produk baru yang belum dikenal, tanpa perekam lagi!
Akio Morita, pendiri Sony, sesumbar akan turun dari jabatannya kalau gagal... Di Jepang Walkman amblas, terjual habis hanya dalam sebulan!
Walkman menjadi produk
bestseller (laku keras) di dunia, permintaan mengalir deras. Tidak tanggung-tanggung, 50 juta unit Walkman berhasil terjual dalam 10 tahun, atau sekitar 550 unit per jam. Luar biasa. Impian ke dua Sony membawa-bawa musik sudah menjadi kenyataan. Teknologi berkembang terus, kini tidak
radio, audio, dan
musik, tetapi
gambar, tivi, dan
video/
film, juga sudah bisa
dikantungi! Terimakasih teknologi
digital, yang perlahan-lahan mulai menggeser dan mengambil alih teknologi
analog seperti pita kaset musik di Walkman itu. Sekarang sudah banyak saingannya (kenal
iPod?). Intinya, berita bagus buat kita,
tidak harus dan
tidak perlu menemukan teknologi sendiri. Manfaatkan teknologi dan kembangkan jadi
trendsetter, itulah penting. Kreativitas! Kata kunci besarnya,
portabel, kecil, ringan, hemat energi... kata kunci kecilnya, sentuhan
emosi/kosmetik seperti
bentuk, warna, ornamen (
hiasan dekor)
, dan
spesifik (
unik, pribadi,
custom).
Fungsi? Minimum saja cukuplah, Walkman tanpa perekam laku juga 'kan? Untuk bisa laku dikenal istilah dalam ekonomi
market push (mendorong pasar untuk mau menerima produk kita; kebalikannya
market pull, pasarnya ada produknya belum). Rupanya kita dituntut kreatif juga dalam menjual... .
Teknologi saku ternyata dapat diberlakukan umum pada produk IT lainnya (
telepon seluler, kamera, komputer). Satu saja yang kurang dari produk berteknologi saku, untuk memilikinya terkadang harus merogoh saku lebih dalam...
rioseto's blog (id i-tech blogger99)
KEMBALI KE ARTIKEL