Usia dini merupakan kehidupan dengan fase penting untuk perkembangan dan pertumbuhan yang sangat mempengaruhi masa selanjutnya. Berbagai penelitian ahli menunjukkan bahwa Pendidikan pada usia dini dapat meningkatkan produktivitas dan prestasi di masa dewasa. Erickson (Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey, 1993: 167 sebagaimana dikutip dalam Yusuf L.N.; Sughandi, 2018:47) menyatakan bahwa "masa kanak-kanak mencerminkan sifat dasar manusia. Penyimpangan perilaku pada masa dewasa dapat dilacak kembali ke masa kanak-kanak." Pentingnya masa usia dini ditegaskan oleh Sigmund Freud yang berpendapat bahwa "Child father of man" (anak adalah ayah dari manusia), yang berarti masa kanak-kanak memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan kepribadian di masa dewasa seseorang (Yusuf L.N.; Sughandi, 2018:48).
Masa sekolah dasar adalah periode di mana kemampuan anak dalam mengenal dan menguasai kosakata berkembang dengan pesat. Pada tahap ini, anak-anak umumnya telah menguasai sekitar 2.500 kata, dan pada akhir masa ini (sekitar usia 11-12 tahun), jumlah kata yang mereka kuasai meningkat menjadi sekitar 5.000 kata (Abin Syamsuddin M, 2000 sebagaimana dikutip dalam Yusuf L.N.; Sughandi, 2018:62).
KEMBALI KE ARTIKEL