Research Based Learning-Science Technology Engineering Mathematics yang dikenal dengan RBL-STEM sebagai pendekatan pembelajaran yang dikenalkan Dafik, dkk [1] merupakan pembelajaran yang memiliki tahapan sebagai berikut yaitu (1) Science: merumuskan permasalahan yang berkaitan dengan topik penelitian, (2) Technology: melakukan pengumpulan data melalui berbagai sumber, (3) Engineering: melakukan terobosan dengan menerapkan konsep, (4) Engineering: menganalisis data dan informasi dengan metode tertentu, (5) Mathematics: Melakukan uji coba, dan (6) Laporan RBL: mengkomunikasikan hasil penelitian dalam bentuk presentasi.
Dengan memperhatikan literasi lingkungan sekolah dapat diterapkan sebagai science dalam pendekatan RBL-STEM. Guru dapat berkreasi melalui lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran di kelas. Salah satu sekolah yang telah memanfaatkan lingkungan sekolah dalam pembelajaran RBL-STEM adalah SMP Negeri 7 Jember yaitu memanfaatkan bahan ecobrick yang didesain menjadi tempat duduk menggunakan konsep pola bilangan dalam penelitian Thoyibah, dkk (2022).