Disetiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda. Budaya kerja tak lepas dari peran perilaku organisasi.
Â
Peran tersebut memengaruhi keterampilan serta kepribadian karyawan dalam menerapkan nilai-nilai perusahaan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pekerjaan.
Sebut saja berinteraksi karyawan dalam kelompok kerja, cara berjejaring dengan para pemangku kebijakan, atau cara berkomunikasi dengan klien.
Oleh karena itu, tak sedikit organisasi termasuk perusahaan yang menggunakan ilmu perilaku organisasi atau dikenal juga dengan studi organisasi.
Karena ilmu tersebut memiliki kaitan erat terhadap ruang lingkup sumber daya manusia dan psikologi industri.
Â
Perilaku Organisasi adalah penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang, individu, dan kelompok bertindak dan bereaksi dalam suatu organisasi, untuk mencapai dan mencapai kualitas kinerja tertinggi, dan hasil yang dominan.
Perilaku organisasi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam kelompok organisasi yang berhubungan langsung dengan ilmu-ilmu yang lainnya. Organisasi merupakan suatu tempat berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, memiliki eksistensi dalam pencapaiannya.
Â
Cara Mengembangkan Perilaku Organisasi:
Meningkatkan kualitas dan juga produktivitas di dalam perusahaan. Mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Memberdayakan dan memanfaatkan kemampuan dari sumber daya yang Anda punya. Memperhatikan kesejahteraan karyawan di tempat kerja.
Perilaku organisasi bertujuan membantu perusahaan dalam memprediksi karyawan berpotensi menjadi pemimpin. Tak ketinggalan, ilmu ini juga mengajarkan perusahaan untuk membentuk jiwa kepemimpinan para karyawan agar potensi mereka bisa dimanfaatkan secara maksimal.