Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik dengan Pemberian Reward dan Punishment

18 Desember 2023   15:00 Diperbarui: 18 Desember 2023   16:03 133 0
Generasi penerus bangsa yang berkualitas dilahirkan melalui pendidikan yang berkualitas. Pendidikan adalah usaha manusia dalam mengembangkan dirinya tidak hanya untuk memiliki kecerdasan intelektual saja namun juga cara berfikir secara ilmiah serta menumbuhkan spiritualitasnya (Alfiani & Saniah, 2023). Pendidikan juga dapat diartikan sebagai sebuah upaya dalam membentuk perkembangan peserta didik ke arah pola yang lebih baik dan berani dalam menyambut masa depan. Oleh karena itu diperlukan cara-cara khusus untuk membantu perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik.
Salah satu yang dapat dilakukan oleh Guru untuk mencapai tujuan pembelajaran ialah dengan memotivasi peserta didik. Karena motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik harus mempunyai motivasi dalam belajar. Motivasi belajar peserta didik berasal dari dalam diri dan dari luar diri peserta didik. Adanya semangat untuk mencapai tujuan maupun prestasi dalam belajar yang tumbuh dari kesadaran diri peserta didik merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri. Sedangkan motivasi yang berasal dari luar diri peserta didik muncul akibat adanya rangsangan-rangsangan dari luar yang dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru yang menjadi motivator peserta didik harus mampu menciptakan dan menumukan strategi yang tepat agar dapat mendorong peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajarnya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun