Berdasarkan hasil pengamatan yang di lakukan di TK PGRI Ketanen Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik pada anak kelompok B dalam kegiatan mengenal  dan mengurutkan angka 1 -- 10 , terdapat  7 anak dari 11 anak yang masih kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Anak masih bingung dalam membedakan angka yang hampir sama bentuknya  ( 2, 5, 6, 9 ). Adapun penyebabnya antara lain adalah Pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, Minimnya media yang digunakan, Kegiatan belajar didominasi oleh pendidik sebagai pusat pembelajaran (teacher centered) sehingga kurang merangsang anak untuk aktif dalam proses pembelajaran (student centered), Pembelajaran masih menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) dan mengenal lambang bilangan dipapan tulis. Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru di TK PGRI Ketanen Panceng Gresik dalam praktik pembelajaran adalah berusaha untuk memecahkan permasalahan yang  terjadi pada anak berkaitan dengan kegiatan pengenalan konsep bilangan 1 -- 10 pada anak usia 5 -- 6 tahun di kelompok B. Saya sebagai mahasiswa PPG Daljab juga bertanggung jawab untuk membagikan praktik baik yang saya lakukan. Best Practise ini saya bagikan kepada teman sejawat saya di TK PGRI Ketanen Panceng Gresik agar bisa menerapkan dan mengaplikasikan pembelajaran ini.
KEMBALI KE ARTIKEL