Tidak bisa dipungkiri, kehandalan social networking seperti facebook, twitter, youtube, sudah terbukti menjadi social media yang menghubungkan sesuatu yang sebelumnya hilang...
Gerakan new media tersebut sejatinya diawali oleh media internet, merupakan layanan free dengan investasi yang sangat besar, dan hanya mungkin dijalankan oleh lingkungan industri kuat seperti di Amerika. Dengan konsep layanan gratis, tentu saja merupakan adopsi layanan Free To Air TV yang mana biaya layanan didukung oleh pengiklan.
Dengan berbagai janji keakuratan data pelanggan dan lainnya, facebook dengan jumlah pelanggan yang terdaftar sudah mencapai lebih dari 500 juta merupakan suatu komunitas dengan aktifitas ngerumpi terbesar. Namun efektifitas iklan di social media tersebut bagi pengiklan masih dalam observasi.
Disisi lain, jalinan emosi yang diciptakan oleh new media, ternyata efektif sebagai media iklan bagi industri berbasis emosi atau industri kreatif. tidak mengherankan hampir semua artist memanfaatkan twitter atau facebook untuk mengundang fans nya dalam berbagai event.
Argumen new media hanya untuk layanan gratisan dilabrak oleh Steve Job keturunan Arab Syria, dengan munculnya ping dalam media toko digital iTunes. Walaupun efektifitas ping dalam mendongkrak penjualan belum di keluarkan oleh Ami Steve Job, namun terobosan tersebut memberikan masukan positif.
Sejak Beberapa bulan kita melihat gencarnya iklan internet TV dari Sony dan Samsung, yang menjadi channel dari model distribusi Video Google TV. Youtube yang dimiliki Google mengalami kesulitan dalam mendistribusikan konten premium tanpa didukung oleh DRM. Akusisi widevine (www.widevine.com) menjawab permasalahan tersebut, sehingga dalam masa mendatang youtube akan menjalankan layanan video premium.
Maraknya pemberitaan akan munculnya layanan IPTV diawaki oleh Raksasa Telekomunikasi, Telkom sedikit banyak akan mempengaruhi new media, walaupun IPTV lebih terlihat sebagai perpanjangan tangan layanan payTV dengan beberapa fitur interaktif.
Pada bulan September 2010, patent adaptive video streaming diberikan kepada movenetwork. Menarik untuk disimak adalah Apple sudah memberikan teknologi tersebut untuk menjadi standar terbuka IETF (http://tools.ietf.org/html/draft-pantos-http-live-streaming-01), pada bulan Juni 2009.
Apakah Adaptive Video Streaming atau Adaptive Bit Rate (ABR) atau HTTP Live Streaming (HLS)? dan bagaimana teknologi tersebut dapat memperkaya konsep new media menjadi media konvergensi seutuhnya yang melibatkan industri broadcast, telekomunikasi, IT, dan konten kreatif lainnya sepergi movie, musik, game dan animasi...