KOMENTAR

Melepas Penat dan Menguji Adrenalin di Green Canyon

22 Oktober 2011   03:14 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:39 208 0
[caption id="attachment_143104" align="aligncenter" width="300" caption="green-canyon-pangandaran-by-tegug-triwidodo"][/caption] Beberapa waktu lalu untuk merayakan kelulusan seorang teman, saya dan beberapa teman memutuskan untuk berwisata sekaligus melepas penat selama masa-masa skripsi. Karena kami sudah lama tidak mengunjungi pantai maka kami memilih untuk mengunjungi pantai Batu Karas yang terletak di desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Ciamis Jawa Barat. Kami berangkat dari Bandung sekitar pukul 5 sore dan sampai sana ketika hari sudah malam. Maka main-main di pantai kami tunda hingga keesokan harinya dan menginap di salah satu losmen yang banyak terdapat di pinggir pantai Batu Karas. Hanya tinggal menyebrang jalan di depan losmen kita sudah berada di bibir pantai. Esoknya, setelah puas bermain air pada pagi hari, kami kemudian memutuskan untuk mengunjungi wisata alam lain yangterdapat di Ciamis ini, Green Canyon.

Jika Amerika memiliki Grand Canyon yang sangat menawan, Indonesia mempunyai Green Canyon, tempat wisata yang tak kalah unik dan cantik. Green Canyon yang memiliki nama asli Cukang Taneuh, dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah, terletak di Desa Kertayasa. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993.

Ada dua kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Green Canyon ini. Pertama adalah body rafting, bagi yang suka dengan olahraga ekstrem, atau menyusuri sungai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dengan harga Rp. 75.000,00 untuk bolak-balik.

Untuk body rafting disarankan kita memiliki mental dan fisik yang kuat karena perjalanan mengikuti arus sungai Cijulang dengan hanya mengenakan jaket pelampung atau life vest itu dilalui selama 3-4 jam. Dalam perjalanan kita juga sesekali harus memanjat tebing untuk mencapai lokasi lain jika dirasa debit air atau jeram terlalu berbahaya untuk dilewati dengan berenang. Perjalanan sejauh 5 Km ini dimulai dari depan Goa Kelelawar dan berakhir di Green Canyon gate. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan pemadangan sekitar sungai yang bertebing dan dipenuhi dedaunan. Sungguh menakjubkan.

Tidak perlu khawatir dengan perjalanan karena ada banyak travel agent yang menawarkan paket body rafting Green Canyon ini. Setiap travel agent umumnya dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang memadai (life vest, helm, tali tambang) dan pemandu yang sudah handal. Untuk lebih merasakan ekstremnya body rafting disarankan untuk datang pada musim penghujan ketika air sungai berwarna coklat, karena katanya arus air lebih deras dibandingkan pada musim kemarau.