2. Chiefy Adi Kusmargono,S,Psi.,Msc (Direktur Utama Pendidikan Maritim dan Logistic Indonesia / IPC Learning & Â Consulting)
3. Prof.Dr.Ir Suprapto,DEA ( Kepala LLDIKTI Wil.VII Jatim)
4. Dr.Nugroho Dwi Priyohadi,M,Se ( Ketua STIAMAK Barunawati )
Topik yang dibahas hari ini mengenai optimism pendidikan dan karier bisnis logistic  dan kepelabuhan, segmen bisnis PELINDO III, dan beberapa topic mengenai kehidupan kemahasiswaan.
Materi pertama  : " Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Logistik dan Kepelabuhan "
Narasumber : Dr. Widyo Winarso
Kita memasuki era dimana gelar tidak menjadi kompetensi. Kita memasuki era dimana akreditasi tidak menjamin kesiapan berkarya. Kita memasuki era dimana akreditasi juga tidak menjamin mut.Ijazah hanya sebagai legalitas. Inilah hal-hal yang harus segera disadari
Transformasi digital mengguncang dunia hingga membawa pada revolusi industri ke-4. Ada beberapa tahap revolusi industri sebagai berikut:
1.Revolusi industri-1 abad 18
Relovusi ini mekanismenya menggunakan mesin uap untuk menggerakan industri.
2.Revolusi industri-2 abad 19
Revolusi ini menggunakan elektrifikasi tenaga listrik yang mengubah industri
3.Revolusi industri-3 abad 20
Menggunakan TI, komputasi dan komunikasi, revolusi ini yang sedang kita jalani di Indonesia.
4.Revolusi industri-4 abad 21
Sudah menggunakan sistem cerdas yaitu AL,LoT, BigData, dan ect. Di negara maju seperti jepang, Amerika, hingga Arab Saudi sudah menggunakan revolusi seperti ini.
AGILE LEARNERS : FLEXIBLE, ADAPTIVE,SELF DIRECTED, CREATIVE, CHARATER AND COMPLEX PROBLEM SOLVER
Tranformasi digital mengguncang dunia membawa pada revolusi industri ke-4
Revolusi industry-1 abad 8: mesin uap menggerakan industry ( MEKANISASI)
Revolusi industry-2 abad 19 : tenaga listrik mengubah industry (ELEKTRIFIKASI)
Revolusi industry-3 abad 20 : TI,Komputasi dan komunikasi (OTOMASI)
Revolusi industry-4 abad 21: sistem cerdas: AL,LoT,BigData, etc.( OTONOMI)
BERPIKIR KRITIS : FRAMING 1. SETTING 2.PRIMING 3.FRAMING (AWK)
Farming merupakan membingkai sebuah peristiwa atau dengan kata lain digunakan untuk mengetahui bagaimana perpektif atau cara pandang yang digunakan wartawan atau media massa ketika menyeleksi isu dan menulis berita.
Logistik
1.Pendudukan Indonesia mencapai 267 juta jiwa
2.Negara kepulauan
3.Era revolusi industry 4.0. dengan kehadiran teknologi yang dominan (koneksi internet, e-commerce, fintech,dll)
NEW SKILLS: Â 1.critical thingking, creativity, collaboration, charcter
             2. information, media, techonology
             3. flexibility,leadership, initiative,productivity,social
Learning agility : Â mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat
Mental agility   : mampu bertahan dalam kondisi apapun
Change agility  : mampu beradaptasi dengan perubahan apapun Â
People agility  : mampu bekerja sama dengan siapapun
Result agility   : mampu tetap berpretasi dalam kondisi apapun
Terlihat 1. Pengetahuan 2. Keahlian
Tersembunyi 1. Nilai dan perilaku sosial, 2. Konsep diri 3. Karakteristik pribadi 4. Motif
Hard skill menggunakan kecerdasan IQ (otak kiri)
Hard skill adalah keterampilan di mana aturan tetap sama terlepas dari keadaan atau  orang yang bekerja dengan kita. Aturan hard skills biasanya sudag ditetapkan oleh perusahaan. hard skil biasanya bisa dipelajari dari buku-buku atau dari para ahli di bidangnya bisa juga dari pengalaman saat berkerja di perusahaan sebelum pada perusahaan yang akan mereka lamar
INTRA-PERSONAL SKILL : 1. MANAJEMEN STRESS
                       2. MANAJEMEN WAKTU
                       3. BERPIKIR KREATIF
                       4. BERTANGGUNG JAWAB
                       5. BERSIKAP JUJUR
                       6. BERPERILAKU ADIL
Berdasarkan hasil survey nasional association of collenges and employers USA (2002) terhadap 457 pimpinan perusahaan menyatakan bahwa indeks kumulatif prestasi (IPK) bukanlah hal yang dianggap penting dalam dunia kerja. Yang jauh lebih penting adalah softskill antara lain kemampuan komunikasi, kejujuran, kerjasama, motivasi, kemampuan beradaptasi, dan kemampuan interpersonal dengan orientasi nilai pada kinerja yang efektif
Berikut ini adalah penyampain dari Bapak Rendra Kestyawan
INOVASI TERKAIT BIDANG KOMERSIAL
1.Cetak nota online pelayanan nota online adalah layanan dimana pengguna jasa melalukan proses cetak nota online secara mudah
2.Penambahan cctv pemanfaatan cctv untuk memonitor tambahan kapal , sehingga dapat dilakukan melalui jarak jauh
3.Pembayaran host to host implementasi pembayaran host to host jasa kepelabuhan, pengguna jasa tidak perlu datang ke pelabuhan untuk melakukan pembayaran
4.Booking online semua jasa pelayanan booking online petikemas, non petikemas, kapal, roro, pelra, warehouse,dll
5.Penyampaian keluhan dapat disampaikan secara online melalui menu e-care diportal IBS atau menggunakan status tindak lanjut keluhannya.
6.Meeting online untuk seluruh terminal pelayanan perencanaan kapal dan barang dapat dilakukan tanpa tatap muka namun melalui port al IBS
7.Electronic procurement proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara online, dimulai sejak pendaftaran rekanan, pendaftran lelang. Aanwijzing , negosiasi , hingga penetapan pemenang, semuanya dilakukan melalui aplikasi e-procurement. Selain mengurangi tatap muka, juga menghemat waktu sehingga proses pengadaan barang dan jasa bisa selesai lebih cepat
8.Vendor administration and payment vendor dapat mengupdate progress pekerjaanya secara online melalui aplikasi AIMS serta dapat memonitoring status pembayarannya tanpa harus datang kelokasi secara langsung
Berikut ini adalah keterangan dari Bapak Rendra Kestyawan tambahan diatas sebagai berikut:
1.Volatile
Dinamika perubahan yang sangat cepat
2.Uncertain
Kurangnya prediktabilitas terhadap isu dan peristiwa yang terjadi
3.Complex
Adanya gangguan dan kekacauan yang mengelilingi setiap organisasi
4.Ambigous
Ketidakjelasan realitas dari berbagai kondisi yang ada Â
Inovasi bidang komersial
1.Windows connectivity
2.SSm dan joint inspection
3.Term of payment
4.Tol laut
Sekiranya seperti itu pesan yang disampaikan oleh narasumber dalam webinar Kampus STIAMAK ( Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepalabuhan) Barunawati Surabaya tadi tanggal 22 september 2020 kemudian terakhir ada pesan sedikit yang disampaikan perwakilan dari stiamak sendiri kemudian penutupan doa lalu penutupan ospek pada pengenalan kampus tersebut.
Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Manajemen di STIAMAK Barunawati Surabaya. Jika ada yang berkenan memberikan masukan, kritik, saya akan senang hati. Mari kita belajar tanpa henti.(24.10.2020/stiamak_RANIA HASNA SARI