Abstrak : Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian anak di tengah kemajuan teknologi digital. Cerita anak, sebagai bagian dari pendidikan informal, berperan dalam menanamkan nilai moral yang dapat membentuk karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran cerita anak dalam pembentukan karakter di era digital, serta tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Cerita anak mengandung banyak nilai moral yang dapat membentuk sikap positif seperti kejujuran, keberanian, dan tanggung jawab, namun tantangan di era digital berupa kemudahan akses terhadap berbagai jenis konten dapat mempengaruhi efektivitasnya. Akses yang tidak terkontrol terhadap konten yang kurang mendidik, serta pengaruh media sosial yang sering kali menyajikan standar yang tidak realistis, menjadi tantangan utama dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan guru untuk memberikan pengawasan terhadap konten yang dikonsumsi anak-anak dan mengintegrasikan cerita anak yang mendidik dalam pembelajaran digital. Dengan pendekatan yang tepat, cerita anak dapat menjadi alat yang efektif dalam memperkuat nilai-nilai karakter anak, baik di sekolah maupun di rumah, sehingga dapat membentuk individu yang memiliki integritas dan moralitas yang tinggi di era digital ini.
KEMBALI KE ARTIKEL