Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini

5 April 2021   22:36 Diperbarui: 5 April 2021   22:43 1526 1
Bahasa merupakan alat untuk berpikir, mengekspresikan diri, serta berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Aspek perkembangan bahasa pada anak mulai berkembang dengan cara menirukan bunyi dan meraban (Syaodih, 2010). Di samping itu, bahasa anak tidak di awali dari kata ke huruf kemudian pengalaman, melainkan dari pengalaman ke huruf kemudian ke kata. Ada tiga aspek dalam bahasa, antara lain yakni:

  1. Tata Bahasa (pembentukan frasa). Tata bahasa merupakan seperangkat aturan yang digunakan dalam melakukan pembagian kalimat ke dalam unit bahasa. Apabila ditinjau dari segi tahap perkembangan bahasa, aspek tata bahasa ini termasuk ke dalam tahap perkembangan sintaksis yang berarti penguasaan tata bahasa, dan termasuk ke dalam perkembangan pragmatic yang berarti sistem untuk menggunakan percakapan yang harus sesuai serta harus mengetahui cara dalam menggunakan bahasa tersebut secara efektif sesuai dengan konteks.
  2. Makna (penggabungan kata-kata dan morfem). Apabila ditinjau dari segi tahap perkembangan bahasa, aspek makna ini termasuk ke dalam tahap perkembangan morfologis dan semantik yang berarti penguasaan dalam pembentukan kata dan arti bahasa. Selain itu, aspek ini juga termasuk ke dalam tahap perkembangan leksikal yang berarti penguasaan dan perluasan kata-kata yang banyak serta pengetahuan tentang arti kata-kata.
  3. Bunyi (memproduksi fonem). Bunyi merupakan simbol-simbol bahasa yang terdiri dari kata dan tulisan. Anak-anak harus memahami terlebih dahulu kata lisan sebelum mereka bisa memahami kalimat tulisan dengan cara belajar membacanya. Tahap pertama dalam menerapkan pemahaman kalimat lisan adalah kemampuan untuk melakukan pemisahan diantara bunyi dasar (fonem bahasa).
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun