Sebuah perpustakaan merupakan salah satu jenis pusat layanan khususnya di bidang jasa dan informasi, yang mana juga membutuhkan pemasaran dan promosi agarperpustakaan tersebut dapat mencapai apa yang sudah menjadi tujuannya. Yaitu memberikan layanan yang dapat memuaskan pelanggan atau pengguna perpustakaan dengan memenuhi kebutuhannya.
Tentu saja untuk promosi dan pemasarannya, perpustakaan memiliki cara-caranya tersendiri. Namun akan lebih baik jika kita memasarkan atau pun mempromosikan sebuah perpustakaan dan segala yang terkait di dalamnya, kita harus memahami terlebih behavior atau tingkah laku dari pengguna perpustakaan. Kita tentu tidak akan asal-asalan saja memasarkan dan mempromosikan perpustakaan tanpa tahu apa yang diinginkan oleh pengguna. Jadi perilaku atau tingkah laku dari pengguna perpustakaan juga dapat menjadi salah satu factor yang menentukan dalam suatu pemasaran atau promosi perpustakaan.
Selain itu juga hal in bertujuan untuk menumbuhkan keharmonisan baik antara pelanggan-pegawai, pelanggan-pelanggan atau pegawai-pegawai.