SMP Muhammadiyah Parakan Pamulang merupakan sekolah yang sedang berkembang dan memiliki visi untuk menyediakan pendidikan berkualitas berbasis nilai-nilai Islam. Namun, sekolah ini menghadapi kendala infrastruktur teknologi yang masih terbatas. Perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk mendukung implementasi teknologi AI dalam pembelajaran belum tersedia secara memadai. Selain itu, akses siswa terhadap perangkat seperti komputer, tablet, atau gawai pintar masih belum merata. Kondisi ini menjadi hambatan dalam mengintegrasikan teknologi secara menyeluruh ke dalam proses pembelajaran. Di sisi lain, tingkat kesiapan guru juga menjadi tantangan yang signifikan. Sebagian besar guru di sekolah ini sudah terbiasa menggunakan perangkat teknologi dasar, seperti komputer dan proyektor, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Namun, pemahaman mereka terhadap teknologi yang lebih kompleks, seperti AI, masih sangat terbatas. Guru memerlukan pelatihan intensif untuk memperluas wawasan dan kemampuan mereka dalam mengintegrasikan AI ke dalam proses pengajaran, baik untuk perencanaan materi, pengelolaan kelas, maupun evaluasi hasil belajar siswa.
KEMBALI KE ARTIKEL