Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pada siswa bahwa menulis bukan hanya sekadar keterampilan akademis, tetapi juga alat penting untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan kreativitas. Menulis harian interaktif dipilih sebagai media karena menawarkan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, memungkinkan anak-anak untuk menghubungkan kegiatan menulis dengan aktivitas yang menarik dan relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Program ini diharapkan dapat meningkatkan minat menulis di kalangan siswa, serta membantu mereka dalam pengembangan keterampilan berbahasa yang lebih baik.
Acara dimulai pada pukul 08.15 WIB dengan dukungan dari kepala kelas 6 sekolah SDN 4 Toyomarto dan humas SDN 4 Toyomarto, yang memberikan apresiasi kepada mahasiswa UB atas inisiatif mereka. Saya Rafidah selaku penanggung jawab dari program kerja ini memulai sosialisasi dengan menjelaskan manfaat menulis dan bagaimana menulis dapat menjadi alat untuk refleksi diri dan komunikasi efektif. Mereka memperkenalkan konsep buku harian interaktif, menjelaskan bagaimana buku ini dapat digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas, pengalaman, dan perasaan sehari-hari.
Dalam sesi ini, mahasiswa UB membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil dan memberikan mereka buku harian interaktif yang telah disiapkan. Buku tersebut dirancang dengan berbagai fitur menarik, seperti halaman untuk menggambar, stiker, dan ruang untuk menulis cerita pendek atau refleksi pribadi. Aktivitas ini bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa bahwa menulis bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.