Salah satu teknologi yang sangat membantu di zaman sekarang ini adalah teknologi untuk melakukan kegiatan jual-beli melalui lapak online atau yang biasa disebut e-commerce. E-commerce muncul untuk menjawab keluhan konsumen yang seringkali merasa kesulitan dan mengeluarkan usaha lebih untuk mencari barang yang diinginkan di toko-toko konvensional. Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh E-commerce. Salah satu keuntungan yang paling menarik perhatian masyarakat adalah kemudahan dalam berbelanja dimana semua jenis barang yang dibutuhkan ada di dalam satu wadah yang dapat berupa aplikasi ataupun website.
Banyak negara yang sudah menggunakan dan mengembangkan teknologi pemasaran secara online ini dalam kegiatan perekonomian mereka. Salah satu negara yang juga pengguna e-commerce adalah Indonesia. Pada awalnya, e-commerce hadir di Indonesia dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan UMKM dalam negeri. Melalui e-commerce, diharapkan pelaku UMKM dapat memasarkan barang dagangannya dalam pangsa pasar yang lebih luas dan menjangkau lebih banyak konsumen sehingga dapat meraup keuntungan yang lebih besar dan usahanya dapat berkembang.