Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di jenjang SD/MI mengutamakan pada pembelajaran berbasis proyek demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Hasil dari Observasi yang kami dapat khususnya di kelas ll SD GMIM 4 TOMOHON. Penjelasan dari Guru kelas yang saya wawancarai tentang Ikm, Ikm tentunya sudah di jalankan oleh sekolah tersebut khususnya di kelas dua, Pertanyaan yang kami tanyakan apakah sudah mengikuti metode pengajaran tersebut? Jawaban dari guru kelas tersebut, tentunya metode dan juga administrasi sudah kami ikuti, yang pastinya ini juga baru tahap pertama kami jadi menyesuaikan saja, karena buku-bukunya juga belum ada semua, jadi referensi buku kami guru-guru tinggal mencocokkan saja dengan materi yang akan kami ajarkan ke peserta didik minimal patokan ke satu buku saja. Kami yang dulunya menyebut mata pelajaran PPKN sekarang sudah di ganti dengan Pendidikan Pancasila, Mata pelajaran IKM itu kami guru-guru memfokuskan ke satu mata pelajaran saja yaitu contohnya yang saya ambil Seni Rupa, sekarang ini satu mata pelajaran bukan lagi tematik tetapi sudah Mata pelajaran.
KEMBALI KE ARTIKEL