Pengajaran musik yang baik harus selalu menampilkan bunyi musik itu sendiri. Pengajaran tentang musik tersebut memberikan pengalaman yang bermakna bagi anak jika telah mengalami serta menghayati unsur musik itu dalam lagu yang telah dipelajari. Ada 6 kegiatan bermusik yang dapat dilakukan oleh siswa, yaitu mendengarkan musik, bernyanyi, bermain musik, bergerak mengikuti musik, membaca musik, dan kreativitas siswa. Namun, pengajaran musik di SD unsur-unsur musiknya masih sederhana.
Mengacu pada proses pembelajaran musik di SD, mengacu pada tujuan dan ruang lingkup mata pelajaran Seni, Budaya, dan Keterampilan (SBK). Tetapi jika dikaitkan dengan pelaksanaan proses pembelajarannya masih menggunakan pembatasan antar mata pelajaran dan khusus memberikan materi SBK secara terpisah dengan mata pelajaran lain, walaupun sudah mencoba untuk mengaitkan mata pelajaran Seni, Budaya , dan Keterampilan dengan mata pelajaran lain. Tetapi untuk kelas rendah, pelajaran SBK secara tematik berpadu dengan pelajaran lain.
Dalam pembelajaran SBK terdiri diri seni musik, seni tari, seni rupa dan ketrampilan. Musik berperan penting dalam setiap pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan, terutama untuk kelas rendah yang secara mental mereka masih senang bermain.