Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Pendekatan Pedagogis dalam Teknologi Pendidikan Digital

29 November 2024   09:25 Diperbarui: 29 November 2024   09:25 15 0
Teknologi pendidikan digital mengubah wajah pembelajaran. Pendekatan pedagogis memainkan peran kunci dalam memanfaatkan teknologi secara efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Generasi milenial akrab dengan teknologi digital dan mengharapkan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Mereka menghargai pendekatan pembelajaran yang personal dan berpusat pada kebutuhan masing-masing siswa. Sehingga Penting untuk mempersiapkan mereka dengan keterampilan digital yang diperlukan untuk sukses di abad ke-21. Memasuki abad ke-21 ini tuntutan dunia internasional terhadap tugas seorang guru sangat berat. Guru diharapkan dapat melaksanakan proses pembelajaran yang bertumpu pada ada empat pilar belajar yang dianjurkan oleh komisi internasional UNESCO untuk pendidikan. Empat pilar tersebut yang pertama yaitu learning to know, artinya bahwa belajar untuk mengetahui atau mempelajari suatu pengetahuan secara mendalam. Kedua learning to do, merupakan belajar untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini seseorang belajar untuk dapat menggunakan pengetahuan dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga learning to be, dapat diartikan sebagai belajar untuk menjadi seseorang yang bermanfaat, dalam hal ini berarti bagaimana melalui pendidikan seseorang dapat belajar untuk menjadi manusia-manusia hebat. Keempat learning to life together, artinya bahwa belajar untuk dapat bertahan hidup bersama-sama untuk mencapai tujuan. Berdasarkan hal tersebut, maka sudah dipastikan seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan peserta didiknya, dengan demikian guru harus lebih kreatif lagi. Selain itu guru juga harus memahami bahwa pendidikan merupakan proses pembudayaan sehingga peserta didik dapat menerapkan nilai yang ada di masyarakat (Daryanto, 2019).

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun