Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Kualitas Pembelajaran Aktif Kurikulum 2013

2 September 2013   12:16 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:29 251 1
Pada tahun 2001 Jepang mengadakan reformasi sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, agar kompetensi yang ditingkatkan pada siswa sesuai dengan yang diperlukan di abad-21. Hasil dari reformasi itu diantaranya adalah pembelajaran aktif yang kaku, seperti model-model pembelajaran dan pembelajaran dengan LKS, ditinggalkan dan diganti dengan pembelajaran aktif yang fleksibel. Pembelajaran aktif yang kaku kualitasnya rendah. Pembelajaran aktif tersebut tidak mampu meningkatkan kompetensi siswa yang diperlukan di abad-21. Karena itu, diganti dengan pembelajaran aktif fleksibel yang kualitasnya tinggi untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan yang diperlukan di abad-21. Banyak negara-negara lain di luar Jepang yang datang mempelajari hasil reformasi tersebut dan menggunakannya sesuai dengan keperluannya masing-masing. Dengan hasil reformasi itu, Jepang memasuki abad-21 dengan pembelajaran aktifnya yang baru.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun